Saturday, September 8, 2018

Membuat Spul Gitar Sederhana DIY




Membuat Spul Gitar Sederhana DIY




Hai Guy’s, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam hal pergitaran, hehe… Kalian tentu tahu yang namanya spul gitar / pick up gitar, itu loh part yang ada di gitar listrik, yang fungsinya untuk menangkap gelombang suara  pada gitar. Pickup gitar itu sendiri adalah sebuah magnet yang dikelilingi gulungan kawat email sedemikian rupa, sehingga tiap getaran senar akan mempengaruhi medan magnet disekeliling lilitan spul, akibatnya timbul induksi electromagnet dan menimbulkan arus listrik. Tapi di sini kita tidak membahas asal muasal pickup, yang penting proses sederhananya saja.

Dengan memahami cara kerja sebuah pickup gitar kita bisa membuat sendiri dengan bahan yang relative mudah untuk ditemukan. Bahan bahannya antara lain:

1.     Mika (bisa memakai piringan kaset cd yang sudah rusak)
2.     Baut 6mm panjang sekitar ± 3cm
3.     Selang bekas Ø 0,5mm
4.     Kawat email (disini saya memakai email bekas trafo) Ø 0,12mm – 0,15mm
5.     Kabel secukupnya
6.     Alat seperti gunting, cutter, bor listrik, penggaris, lem.

Setelah semua bahan terkumpul bisa kita mulai membuat pickup nya.



Pertama kita membuat bobbin dahulu yaitu tempat untuk menggulung spulnya. Potong mika dengan ukuran 7x2cm dan 12x3,5cm. Kemudian beri tanda untuk lubang baut. Jarak antar baut ± 1cm. 


                                     

 

 
Untuk pemisahya kit bisa memakai selang bekas



Setelah itu kita susun seperti gambar berikut ini :








Kemudian kita gulung sampai bobbin penuh, atau bisa dengan dihitung lilitanya, paling baik lilitan 1000-5000 lilitan untuk hasil yang lebih maksimal. Pastikan tidak ada email yang terputus, jika terpaksa disambung lebih bagus disolder. Kemudian dilem dengan powerglue, agar spul tidak goyang.





Sementara menunggu lem kering, kita cari magnet batangan, disini saya memakai magnet dynamo dc bekas tape recorder lama yang sudah rusak. Kita congkel dan ambil magnetnya.   




Kemudian kita tempalkan tepat dibelakang baut yang telah kita pasang, usahakan semua baut menempel pada magnet. Jangan lupa untuk memberi kabel pada tiap ujung email tadi, bolak balik sepertinya tidak begitu terasa perbedaannya.




Nah, kali ini proses pemasangan, tambahkan colokan soket mic  toa female, untuk menghubungkan ke pre-amp, atau sound active. Tentunya harus melubangi body gitar, dan melepas / mengendorkan semua senarnya. Perhatikan juga jarak dengan senarnya, jangan sampai nempel.

Hasil suara juga jernih, gak kalah dengan yang pabrikan, cuman beda tampilan saja, hehehe…






Semoga bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment

Dinamo Kipas Radiator Kawasaki Ninja 250R | Cara Servis Dinamo Kipas Rad...

Cara Servis Dinamo Kipas Radiator Kawasaki Ninja 250R Assalamualaikum. Lama sekali tidak posting, ya ini biar tidak lupa saja, siapa tahu be...