Friday, September 14, 2018

Modifikasi Power Supply ATX 13.8v


Modifikasi Power Supply ATX 13.8v

Assalamu’aaikum wr wb.

Mungkin para pembaca sudah banyak yang tahu tentang modifikasi power supply computer ATX. Meski begitu yang belum begitu faham mungkin akan memerlukan tutorial ini. Perlu diketahui tutor ini mungkin bisa sama atau berbeda dengan tutor yg lainnya, yang saya share disini hanya sebatas yang saya ketahui dan yang sudah saya praktekkan. Power atx ini memang cukup tangguh dan handal, jadi tak ada salahnya kita memanfaatkannya untuk supply dengan watt yang besar. Mari kita simak saja tulisan ala kadarnya ini.

Pastikan dulu bahwa power atx yang hendak kita modif normal dan berfungsi dengan baik, ditandai dengan kipas pendingin berputar saat di-on-kan, ps on ke gnd (kabel hijau ke kabel hitam, biasanya ada di main socket 20 pin/24 pin pada power atx).

Power supply atx berdasarkan topology yang dipakai ada 2 jenis, yang pertama memakai topology flyback forward single mosfet, dengan ciri ciri memakai ic pwm jenis uc384x  pada sisi hot areanya, dengan 1 mosfet (ada juga yg memakai 2 mosfet diparalel, biasanya atx yg berwatt besar) biasanya berjenis n-channel. Memakai 3 optocoupler, yang berfungsi untuk voltage regulator, system protect (ovp/ocp) dan untuk regulator pada 5v standby.

Kemudian yang ke 2 adalah power supply atx yang memakai topology Halfbridge (HB). Dengan ciri ciri memakai ic tl494 atau ka7500 atau ic pwm sejenisnya sebagai pwm nya. Dengan trafo ferit ee16 untuk gdt (gate driver trafo). Memakai 2 transistor kembar jenis npn, atau mosfet kembar jenis n-channel. Memakai ic optocoupler 1 biji, terkadang tidak memakai optocoupler.

1.     Power atx dengan topologi fbt forward.


Pada atx jenis ini memakai optocoupler sense oleh tl431. Jumper resistor 22 ohm pada kaki anoda tl431 yang mengarah ke ground / negatif. Potong jalur sensor ke arah tegangan 5v, karena regulasi ke 5v tidak diperlukan. Ganti resistor kearah tegangan 12v dengan resistor 1k seri dengan trimpot 20k, ini berfungsi untuk adjust tegangan.

Berikut gambar agar lebih jelasnya:





Untuk menghilangkan protek (ovp/ocp) ada beberapa cara, diantaranya, jumper kaki E dan C pada ic opto protek pada sisi primer / hot area, dengan asumsi jalur ps on tidak berfungsi / langsung on. Kemudian cara lainnya potong jalur supply untuk 5v standby, biasanya terdapat trafo ferit kecil untuk supplynya, karena ini untuk suppli ic proteknya. Dan saya memakai cara kedua ini.
Sebagai optional, ganti r shunt pada kaki source mosfet yang ke arah negatif pada sisi primer / hot, disini memakai 0,15 Ω/2watt, diganti sekitar 0,22Ω - 0,51Ω / 2 watt, ini berfungsi agar mosfet lebih tahan lama. Misalkan tetap memakai yang asli juga tidak masalah.


2.     Power atx dengan topologi Halfbridge.

Atx jenis ini mungkin yang paling mendominasi diantara atx jenis fbt, karena saya lebih sering melihat atx dengan jenis ini. Nah, karena jenis ini memakai ic pwm pada sisi sekunder maka modifikasinya pun juga pada sisi sekundernya.

Pada ic tl494 pin 1 digunakan untuk regulasi tegangan, maka cabut saja resistor yang kearah 5v. Ganti resistor yang kea rah 12v dengan r 1k seri dengan trimpot 50k, untuk adjust bisa untuk 3.8v-15v. Sedangkan resistor pada pin 1 yang ke ground dibiarkan tetap ditempatnya.




Untuk menghilangkan protek tl494, pin 4 jumper ke ground.

Pada dasarnya modifikasi power atx diatas sama saja, agar keluaran output voltage bisa di adjust ke kisaran 13,8 volt, dan untuk mendapatkan amper besar tentunya.

Langkah selanjutnya sedikit lebih ribet, ini berlaku untuk kedua jenis power atx diatas.

Pindah dan tukar diode sekunder, yang tadinya untuk 5v dipindah ke 12v, karena kita tahu amper terbesar ada di 5v (rata rata). Diode yang dipakai besar dan mampu menghandle hingga 30 A. Kita harus bongkar diode, heatsink, Terkadang harus melubangi ulang, karena posisi kaki diode tidak sama, yang asli 12v lebih kecil. Untuk yang 5v bisa diganti memakai diode kecil, tapi harus yang type fast recovery.

Pada core filter setelah diode sekunder (core donat), juga ditukar, dari yang 5v ke 12v juga. Ganti elco sekunder keluaran 12v dengan kapasitas lebih besar dan range voltage lebih tinggi, misalnya 3300µF/35v. Buang kabel yang tidak perlu. Bisa menambahkan led indikator atau saklar on/off, terserah kreasi anda.

Dalam memodifikasi power atx ini membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan keselamatan. Pastikan stecker ac sudah tercabut dari stop kontak saat memegang pcb power atx, dan tunggu sejenak hingga muatan listrik dalam elco primer telah hilang, berbahaya.

Power atx modif ini bisa untuk charger accu, supply power mobil, radio rig, led matrik atau apapun yang membutuhkan supply 12v. Untuk power atx modif ct untuk power ocl akan kita bahas dilain kesempatan, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu bagi yang ingin modifikasi power atx. Jika ada tambahan , kritik dan saran bisa lewat kolom komentar. Terima kasih.


75 comments:

  1. biar ampernya bisa di atur dengan potensio caranya bagaimana mas?

    ReplyDelete
  2. mungkin dengan mengaatur duty cycle-nya, tp sy belum begitu faham sm prosesnya, sebatas yg sy tahu baru untuk adjust pada tegangan, saya juga masih perlu bnyak belajar. hehe,, trimakasih sudah mampir, tetep semangat mass..

    ReplyDelete
  3. Yg ini baru dapet.....dah browsing 2@pusing baru ketemu.....
    Makasih ilmu nya boss.....

    ReplyDelete
  4. Mas saya sudah berhasil merubah tegangan, tapi ada resistor di out +5 terhubung ke groud itu sangat panas... Solusinya gimana mas...
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba resistornya dilepas saja mas, biasanya itu untuk r beban, pd teg +5v nya, agar stabil . atau coba ditmbah wattnya, msal 2 watt.
      jika volt dtmbah kmungkinan besar teg +5v jg berubah.
      sy tdak memakai r ini pd +5v, sy copot, karena yg sy perlukan pd teg 13,8v.

      Delete
    2. Sama mas. Punya saya juga R bebannya panas banget dan kalo saya lepas malah ga ada tegangannya.

      Delete
  5. Diodanya yang ampere besar berapa biji mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dioda kaki 3 misal type STPR / MUR yg body besar sudah mampu menghandle 30A. Sy rasa 2 biji paralel sudah cukup.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Itu untuk menghilangkan OVP tl494 jumper pin 1&4. Jika pakai ka7500 apakah sama mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tl494 & Ka7500 pin dan fungsinya persis alias sama

      Delete
  9. Modif ini bisa sampai berapa maksimalnya mas? Bisa ke 32 gk? Seandainya bisa apa saja yg dirubah selain elco nya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya maksimal sekitar 26v, untuk tegangan 32v mungkin perlu modif trafo utama. tetapi terkadang lain merek max volt tidak sama, tp rata2 26v.

      Delete
  10. psu saya pke ic 2003 ap bisa pke cara yg pertama.?

    soale yg satu jalur ke 5v usb trus yg 1 mlh ke pin ic no 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ic 2003 pinoutnya sudah berbeda, tp jika psu nya memakai optocoupler saya rasa bisa

      Delete
  11. Replies
    1. kemungkinan ada di pin 4. over-power sense. jika tidak dipakai digroundkan. visit https://www.datasheetq.com/datasheet-download/185452/1/Unspecified/SG6105DZ

      Delete
    2. Ic pwm sg6105dz pin out sm dgn sc6105b mas. Protekny pin 4 d groundkn. Tp aneh mas Didik..jk sy shortkn 12v & ground g mati psuny, tp bgt 3.3v & 5v d shortkn k ground malah mati psuny. Knp tu mas ? Dan gmn cara adjust voltageny mas...ad 1 optocoupler. Mhn bimbinganny

      Delete
    3. Ic pwm sg6105dz pin out sm dgn sc6105b mas. Protekny pin 4 d groundkn. Tp aneh mas Didik..jk sy shortkn 12v & ground g mati psuny, tp bgt 3.3v & 5v d shortkn k ground malah mati psuny. Knp tu mas ? Dan gmn cara adjust voltageny mas...ad 1 optocoupler. Mhn bimbinganny

      Delete
    4. kemungkinan sensor arus ada pd teg 3,3v dan 5v. jika optocoupler sense dari tegangan output coba mas pake cara ini https://didikgambios.blogspot.com/2018/11/skema-optocoupler-adjust-untuk-smps.html

      Delete
    5. saya juga sama. pada IC TL949 saat digroundkan. Saat On notmal. tapi ketika power supply protect. PS langsung mati gak mau jalan lagi.
      Tegangan standby 5 volt masih normal cuman PS gak bs ON lagi

      Delete
    6. @luluk biasanya tegangan standby 5v untuk supply tl494 terpisah, jadi meskipun tl494 atau tr kembar short tegangan standby tetap ada. tapi jika teg refferensi 5v dari pin 14 masih ada kemungkinan besar cuma tr kembar / mosfet yg mengalami short.

      Delete
  12. Apa modif 13,8 Sdh bisa buat cas accu mobil Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, tegangan standar untuk cas aki 12v yaitu 13,8v-15v. jika lebih dari itu dpt merusaK sel aki/aki cepat rusak

      Delete
  13. Untuk menghilangkan protek yang pakai IC DR C 2002 bagaimana ya gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ic type ini saya belum nemu datasheet yg komplit gan, jadi kurang tahu...

      Delete
  14. Untuk buang protek dngn ic pwm 2003 gimana y om

    ReplyDelete
  15. Untuk buang protek dngn ic pwm 2003 gimana y om

    ReplyDelete
  16. Untuk buang protek dngn ic pwm 2003 gimana y om

    ReplyDelete
  17. Mas kl ic LA8100PN pin brp protekny ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum nemu reffrensi nya mas. jadi belum bisa jawab.

      Delete
  18. Ini dia artikel yg gw cari2 ! udah muter2 ampe kebakar kapasitor jumper sana sini ikut tutor lain. disini gw nemu juga...

    ReplyDelete
  19. Mas kl ic sc6105b gmn mas ngelepas protekny ?

    ReplyDelete
  20. Intinya smua ic cr jalur 5v & 12v potong R jalur 5v & ganti R jlr 12v dg 1K plus VR min 50K. Gt mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sebagian besar smps dengan ic menggunakan feedback untuk sensor tegangan / arus. (ada juga yg memakai trafo current untuk sensor arusnya)
      tinggal dicari jalur feedback nya.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. nih dr sekian artikel, baru ini yg efectif untuk lumpuhkan protek, dah cb berbagai sember hasil nihil, cm ngurangi beban misal tdnya ga bs buat nyalain lampu 12V 35W sekarang menjadi bisa,tp kalau di shortkan langsung protek alias mati psunya. tp..... di artikel sini mantap, sy shorkan waw mantap gede bingit percikannya dan tentunya ga protek alias tetep nyala, padahal saya pakai buat angkat aplifier 50 ct, mantap ga ada drop2nya tuh tengangan kuat banget, jd lebih hemat ga usah beli travo yg harganya w0w, cukup modal 10K beli psu di rongsokan.

    makasih banget artikelnya sangat membantu dan pasti bermanfaat bagi pribadi saya 💗💗💗

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih atas reviewnya gan. semoga bermanfaat.

      Delete
  23. kalo misalnya jalur 5v tetep pengen dipake 4v dg ampere 2A saja, butuh r brp mas sama dioda perlu diganti gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung dipakai aja mas. untuk ukuran r tetap

      Delete
  24. ijin tanya bos, saya mau coba tegangan 12v adjust ke 24v untuk motor dc penggerak bor. psu dibagian primer ada sejenis mosfet 1 buah 3866s dan 2 buah 13007s(entah yg mana mosfetnya saya ga tau),ic pwm ka7500b, ferit output ada 2, yg kecil untuk 3,3v yg besar untuk 5v dan 12v (5v dgn sedikit lilit rangkap 2, 12v banyak lilit tunggal). dioda primer sudah kita ganti dgn 35A, elco dan emi filter kita ganti bekas tv 29". nah pertanyaanya..
    1.apakah akan terwujud ampere yg lebih baik jikalau kita adjust ke 24v dengan hanya mengganti dioda 12v saja pakai MUR2020 (elco sekunder sudah menyesuaikan).
    2. apakah penghilang protek cuma semudah itu (pin 4 jumper ground) saya lihat di youtube malah bikin pusing beda orang beda cara.
    3.andaikan kita pisah ferit core nya. saya punya core hijau diameter 2cm, ada saran berapa lilit dan berapa mm kawat yg digunakan untuk 24v tsb?
    makasih bos.. maaf banyak tanya ini.. waktu iseng bikin smps fbt gacun sempat meledak 2 kali buat jantung serasa copot walau akhirnya berhasil juga untuk psu ampli rumah... salam bos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 lagi bos, untuk tegangan 12v kipas psu nanti ngambil darimana ya? skema bawaan ngambil dari +12v yg akan di adjust ke 24v

      Delete
    2. jawaban menurut analisa dan pendapat saya y mas,,
      1. dengan menambah voltase akan menurunkan arus/amper sbg konsekuensinya. tapi paling tidak arus akan lebih besar dari sebelum dimodif.
      2. pada ic tl/ka pin 4 jumper ground, ada yg memakai kombinasi r dan c sbg softstart pwm.
      3. untuk penggantian mungkin harus pakai inductance meter/ esr, karena permeability tiap ferit berbeda. kalau dipisah mungkin akan lebih njlimet lagi.
      4. bisa memakai regulator 7812 atau kombinasi r, zenner, transistor dari source 24v nya.
      saya juga sudah beberapa kali bikin gacun buat iseng2 juga hehe..

      Delete
  25. makasih bos, sangat membantu. kira2 aja ini ya.. setelah voltase naik dengan cara tsb, seandainya kita bongkar trafo digulung ulang dengan kawat yg lebih gede ,dioda output pakai yg lebih gede smisal BYV72ey (saya pakai itu waktu buat smps gacun psu ampli adem ayem 2th jalan dari part2 bekas smsps kantor)
    1.apakah hasil lebih berguna atau malah percuma?
    2. apakah harus disertai ada ubahan pada rangkaian tegangan 3,5v dan 5v? (2 tegangan itu saya tidak butuh).
    kemarin udah jadi tapi torsi motor masih lemah, beda kalau pakai trafo biasa yg 10A (minjem ga kuat beli). makasih lagi bos... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dengan cara demikian, lebih bagus diimbangi dengan mengganti transistor yang lebih besar (misal 13009 spt smps pabrikan yg 30A) saya rasa tidak akan percuma.
      untuk tegangan 3,5v dan 5v saya rasa tidak perlu diubah,. semoga bisa membantu..

      Delete
  26. Pin out TL494 dengan KA7500B itu sama?

    ReplyDelete
  27. Mas untuk psu ic ps-224b jalur proteksinya dmn ya https://drive.google.com/file/d/11AFScMEkiK8KxYeG0Ur6LjD_7ASV9Mbh/view?usp=drivesdk

    ReplyDelete
  28. Cara buang protect psu 2 ic sdc7500 dan sdc339 gimana gan?
    New bie mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  29. https://datasheetspdf.com/mobile/786218/SDC/SDC7500/1

    ReplyDelete
  30. Akhirnya berhasil jga modif psu...mksih mas...sangat membantu

    ReplyDelete
  31. Mas cara menghilangkan proteksi regulator komputer ic SG 6105 ADZ,trima ksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada pada pin 4 juga mas, ic SG 6105 sudah dilengkapi over current, upper/under voltage, 2 sensor feedback. coba mas visit ini sbg rujukan, mouser.com/datasheet/2/149/SG6105A-99615.pdf

      Delete
  32. pas hilangin protect dgn grounding pin 4 , pertama bisa nyalain dinamo motor, tp habis mau nyalain yg kedua kalinya malah ilang semua tegangan nya yg trsisa hanya 5vsb... gmna tuh mas? icnya tl494

    ReplyDelete
    Replies
    1. grounding pin 4 sebenarnya beresiko pd kerusakan mosfet/transistornya, biasanya ada salah satu komponen yg mati/putus

      Delete
  33. Biar dpt tegangan sampai 20v r di ganti brp k mas juga potensionya brp k

    ReplyDelete
  34. Cara menghilangkan protec ic SR6110Bx16 bagaimana.,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas bia merujuk ke https://www.zahrayudha.id/2020/08/menghilangkan-proteksi-pada-power.html
      karena datasheednya sama kemungkinan juga sama jalur proteknya, kebetulan saya belum pernah modif dengan ic type ini.

      Delete
  35. Mantap....ini yg betul" jozzz
    Matur nuwun min...

    ReplyDelete
  36. Cara menghilangkan protek ic az7500bp-e1 bagaimana ....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sama dengan ic ka7500 gan cuma beda pabrikan saja, kadang kadang pabrik punya kode sendiri untuk produknya, tetapi dengan seri yg sama

      Delete
  37. Meskipun cuman tulisan tp saya lebih bisa memahami caranya. Udah berkali kali liat youtube semua yg ada malah gagal dan pusing karena gak jelas setelah praktek sendiri OM, makach Om atas tulisan coretannya semoga makin membantu banyak orang yg mmbutuhkan.salam solder hangat dr malang

    ReplyDelete
  38. diode skunder 5Volt terletak di mana mas? di tengah atau di mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dioda sekunder 5v biasanya lebih besar ampernya/bodynya lebih besar, ada di jalur 5v.

      Delete

Dinamo Kipas Radiator Kawasaki Ninja 250R | Cara Servis Dinamo Kipas Rad...

Cara Servis Dinamo Kipas Radiator Kawasaki Ninja 250R Assalamualaikum. Lama sekali tidak posting, ya ini biar tidak lupa saja, siapa tahu be...